Peduli Lingkungan, Mahasiswa UNM ke USA

LKIMBUNM.id – UNM- HACKMANGCON (Hackathon of Mangrove Conservation) adalah program yang mendapatkan dana dari Alumni Thematic International Exchange Seminars (Alumni TIES). Alumni TIES didanai oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan dilaksanakan oleh World Learning melalui perjanjian kerja sama. Hackmangcon adalah program intensif dalam 3 hari untuk melatih pemuda yang memiliki kepedulian lingkungan, untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan dalam rangka penyelamatan lingkungan terutama konservasi ekosistem mangrove yang dapat dilaksanakan dengan berbagai cara khususnya konservasi mangrove dengan cara yang berbeda.

Program ini akan mendorong anak muda untuk melihat mangrove sebagai spesies terancam serta sumber daya alam yang dapat membantu kehidupan masyarakat pesisir yang lebih baik dengan potensinya. Program ini diadakan di Semarang pada tanggal 2-4 Desember 2016.

Dalam kegiatan ini para peserta diajarkan bagaimana cara agar mengolah mangrove ke berbagai bentuk olahan yang bermanfaat bagi masyarakat diantaranya adalah pelatihan pewarnaan batik berbahan dasar mangrove dan juga pelatihan pengolahan jajanan makanan dari mangrove. Tidak hanya pelatihan akan tetapi para peserta juga diajak untuk melakukan sebuah Leadership Dialogue, Penyuluhan, Penanaman Mangrove, dan Field Trip.

Adapun peserta dalam kegiatan ini terdiri dari 20 peserta dari seluruh Indonesia yang terpilih berdasarkan hasil seleksi. Salah satu pesertanya yaitu M. As’ad Mahasiswa dari Universitas Negeri Makassar Jurusan PGSD DIKJAS Fakultas Ilmu Keolahragaan, yang juga merupakan anggota dari Biro PALH UKM SINTALARAS UNM. Menurutnya kegiatan ini sangat menarik karena memberikan pengetahuan baru melalui pelatihan serta membuka wawasan tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan mangrove, selain daripada itu saat ini juga sangat kurangnya para pemuda yang peduli dengan yang namanya pelestarian lingkungan di bidang mangrove dan juga dia berharap hasil dari kegiatan ini adalah untuk mengajak generasi muda yang punya jiwa kepemimpinan ikut serta menjaga kelestarian mangrove.

Program ini dilaksanakan oleh alumni YSEALI dan berkolaborasi dengan KeSEMaT (Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur) KeSEMaT merupakan organisasi dibidang mangrove yang mempunyai moto konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan semangat konservasi pelestarian ekosistem mangrove kepada kalangan pemuda, memberikan pelatihan peserta tentang tata cata membibit, menanam, merawat, dan menjaga kelangsingan ekosistem mangrove dan memberikan pengetahuan tentang manfaat pengolahan ekosistem mangrove.

Facebook Comments