Ada “KA’BAH” di UNM Tidung

LKIMBUNM.id – UNM Tidung, 07 Desember 2016. Program Studi PGSD UNM melaksanakan kegiatan Manasik Haji bagi mahasiswa. Kegiatan ini masih dalam rangkaian kegiatan Pengembangan Kepribadian dan Potensi Diri III (PKPD3) dimana sebelumnya mahasiswa telah mengikuti Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan Karakter Building dalam bentuk Oubond di Kota Malino. Gabriel Gibran mahasiswa angkatan 2015 selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa ada sekitar 136 mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dan selebihnya beberapa mahasiswa melaksanakan kegiatan keagamaan sesuai agama dan kepercaaannya. Kegiatan manasik haji ini diikuti mahasiswa angkatan 2015 dan pelaksanaanya sangat menarik dan beberapa teman sempat terharu dan meneteskan air mata ketika manasik haji dipraktikkan dan menariknya ada miniatur Ka’bah.

Terima kasih kepada Program Studi PGSD yang telah memberikan beberapa kegiatan yang menambah kompetensi kami sebagai mahasiswa PGSD. Lebih lanjut Gabriel menyampaikan bahwa nara sumber adala Uztas H. Ashar Tamanggong, S.Pd. dan salah seorang dosen Program Studi PGSD Uztas Lukman, S.S, M.Ag. Ustad Ashar dalam materinya menyampaikan bahwa Ibadah haji bukan hanya sebuah rentetan amalan sakral yang tidak diketahui manfaat dan hikmah dari pelaksanaannya. Akan tetapi ibadah haji sebagaimana ibadah-ibadah lainnya penuh dengan maksud-maksud dan hikmah-hikmah yang sangat indah dan besar. Kalau kita perhatikan fakta yang ada pada jamaah haji pada umumnya, dan pada diri kita saat melaksanakan ibadah yang mulia ini, akan kita lihat terjadinya perbedaan antara sesama mereka dalam mengambil hikmah, dan menyelami kandungan makna ibadah ini.

Ketua Program Studi PGSD Ahmad Syawaluddin dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan di Program Studi PGSD untuk lebih meningkatkan pemahaman mahasiswa begitu pentingnya selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kegiatan ini kami kemas dalam bentuk manasik haji agar mahasiswa tidak merasa diceramahi masalah agama, dan kegiatan manasik haji merupakan bekal untuk. Mahasiswa melakukan kegiatan eextrakokuriler keagamaan saat magang atau PPL nantinya di sekolah dasar.

Facebook Comments